January 28, 2021

Berita Terbaru Di Indonesia Dan Mancanegara

3 min read
Berita Covid-19

Saat ini, banyak hal yang telah terjadi baik di Indonesia maupun negara lain. Hal ini berkaitan dengan situasi politik, ekonomi, serta perkembangan dari usaha pemerintah untuk menangani pandemi COVID-19 yang semakin menyebar. Hal ini membuat masyarakat terus memperhatikan tentang berita baik yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Berikut ini beberapa berita terbaru yang tersaji dari Indonesia maupun negara lain.

Kabar Terbaru dari Negara Indonesia

  1. Peninjauan Administrasi Pengadaan Vaksin Sinovac oleh Ombudsman

Berita terbaru datang dari prosesĀ  penanganan wabah COVID-19. Pemerintah telah membeli sebanyak 1.2 juta dosis vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Sinovac. Vaksin tersebut telah tiba di Indonesia pada tanggal 6 Desember 2020 dan saat ini tengah disimpan di gudang milik Bio Farma. Hal ini membuat Ombudsman RI akan melakukan peninjauan terkait prosedur administrasi dari pengadaan vaksin Sinovac. Hal ini dilakukan agar semua proses pengadaan dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan seperti izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan audiensi dengan seluruh pihak terkait dalam pengadaan vaksin serta para ahli vaksin. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pelanggaran yang mungkin terjadi serta menjamin keamanan dan peruntukkan vaksin COVID-19 bagi masyarakat.

  1. Pelarangan Perayaan Tahun Baru di Kota Bogor

Saat ini, pandemi COVID-19 yang masih terus meluas di Indonesia membuat pemerintah daerah melakukan langkah antisipatif untuk mencegah penularan COVID-19 yang semakin meluas. Hal ini juga terjadi saat akan ada liburan tahun baru 2021. Pada beberapa tahun sebelumnya, tahun baru selalu dirayakan dengan semarak. Akan tetapi, saat ini banyak pemerintah daerah yang memutuskan untuk meniadakan perayaan tahun baru bahkan melarang adanya perayaan tahun baru. Hal ini juga dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor melalui Surat Edaran Nomor 003.2/4743-Huk.HAM yang berisi tentang Tertib Kegiatan Masyarakat Pada Malam Pergantian Tahun Baru 2020-2021 di masa pandemi COVID-19 di Kota Bogor. Surat edaran itu memuat empat poin penting yaitu pelarangan kegiatan perayaan tahun baru yang menciptakan keramaian, pengawasan masyarakat oleh SatGas COVID-19 di Kota Bogor, sektor usaha dan restoran bisa beroperasi selama masih melakukan protokol kesehatan serta penindakan pelanggaran protokol kesehatan oleh Pemkot Kota Bogor, TNI, Polri, dan Satgas.

  1. Penetapan Habib Rizieq Shihab sebagai Tersangka Kerumunan Massal di Petamburan

Beberapa waktu lalu, publik sempat dihebohkan dengan adanya kerumunan massal yang telah dibuat oleh Habib Rizieq Shihab dan beberapa orang lain di Petamburan. Kerumunan massal tersebut terjadi saat perayaan Maulid serta pernikahan dari putri Habib Rizieq. Salah satu hal yang membuat publik geram adalah perayaan tersebut terjadi ketika masa pandemi COVID-19 dimana menjaga jarak merupakan salah satu aturan yang harus ditegakkan. Atas kelalaian ini dan setelah diiringi beberapa ketegangan, maka Habib Rizieq Shihab telah ditetapkan sebagai tersangka atas kerumunan yang terjadi di Petamburan tersebut. Habib Rizieq didakwa beberapa pasal seperti Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP. Sedangkan kelima rekan Habib Rizieq Shihab didakwa dengan pasal Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Beberapa Berita Terbaru yang Datang dari Mancanegara

  1. Lonjakan Kenaikan Kasus COVID-19 di Korea Selatan

Berita tentang COVID-19 masih menjadi salah satu berita utama yang ada di beberapa negara. Salah satunya adalah lonjakan kasus positif COVID-19 yang semakin tinggi dan mencatatkan rekor baru di Korea Selatan. Hal ini terjadi pada tanggal 12 Desember dimana penambahan kasus positif harian mencapai 950 kasus. Hal ini tentu semakin mengkhawatirkan mengingat sebelumnya, penambahan kasus positif harian di Korea Selatan berkisar 500 hingga 600 kasus. Sehingga, jumlah kasus positif di Korea Selatan telah mencapai 36.800. Untuk mengatasi hal tersebut, Presiden Korea Selatan telah memperketat pembatasan sosial dimana masyarakat tidak boleh berkumpul dan berkerumum lebih dari 50 orang, cafe hanya menyediakan menu take away serta penambahan personil untuk tes COVID-19 sebanyak 150 orang. Sehingga, diharapkan bahwa kasus positif COVID-19 dapat berkurang dalam beberapa hari mendatang.

  1. Penghentian Uji Klinis Vaksin COVID-19 Asal China di Peru

Peru merupakan salah satu negara yang telah melakukan uji coba klinis vaksin COVID-19 asal China yaitu Sinopharm. Saat ini, sebanyak 60 ribu relawan telah disuntik vaksin tersebut untuk melaksanakan uji klinis fase III. Akan tetapi, uji klinis tersebut harus dihentikan. Hal ini dikarenakan salah satu relawan mengalami reaksi yaitu memiliki kesulitan untuk menggerakkan tangan. Hal ini disinyalir sebagai efek dari vaksin yang telah menyebabkan munculnya sindrom Guillain – Barre yang dapat membuat pergerakan tangan dan kaki terbatas bahkan memicu kelumpuhan. Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan masyarakat, pemerintah Peru memutuskan untuk menghentikan sementara uji klinis fase III vaksin Sinopharm untuk kemudian dilanjutkan investigasi keamanan vaksin.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.