July 24, 2021

Berita Viral Dari Media Sosial Yang Unik Dan Informatif

3 min read
Berita Viral Melalui Tiktok

Media sosial menjadi hiburan yang tidak pernah ada matinya, setiap harinya hampir selama 24 jam selalu ada hal menarik yang bisa di tonton dari media sosial. Tiktok adalah salah satu media sosial yang sedang naik daun belakangan ini. Banyak yang membagikan pengalaman, video menarik, tips atau hal-hal lainnya dengan cara yang menarik di platform media sosial ini terutama anak muda.

Sayangnya banyak konten tidak biasa dan edukatif yang tersebar sebagai konten media sosial ini. Pengguan aktif media sosial ini pasti tahu bahwa selama beberapa hari belakangan ini banyak video dari media sosial yang satu ini masuk ke headline berbagai berita online karena memuat konten yang tidak biasa.

Kasus Karena Tidak Bijak Menggunakan Media Sosial

Menggunakan media sosial harus secara dewasa dan bijak terkadang banyak hal yang tidak seharusnya dibagikan di dunia maya atau konten yang bisa menyinggung orang lain. Sekarang ini makin banyak anak muda yang tidak bisa menggunakan platform media sosial dengan bijak hingga akhirnya membuat mereka banyak terlibat dalam perkara hukum. Eksistensi menjadi alasan utama mengapa banyak orang melakukan hal-hal “tidak biasa” dan “nyeleneh” di media sosial. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sempat jadi pemberitaan viral karena kurang bijaknya menggunakan media sosial.

Salah satu video yang beredar luas di dunia maya menunjukkan sekumpulan pemuda yang sedang melakukan adu ikan dengan cara membakar kantong plastik yang berisi air dan ikan yang sedang di adu sehingga suhu air menjadi semakin panas. Video yang dibagikan beberapa hari yang lalu ini menjadi viral dan membuat geram warganet. Adu ikan adalah kegiatan yang dianggap menyiksa hewan dan dianggap tidak sesuai dengan prinsip pecinta binatang apalagi pada video tersebut ikan juga di adu dalam air yang di bakar.

Video yang memperlihatkan hal “tidak biasa” yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur tersebut seakan menjadi lanjutan dari beberapa video yang sudah ada sebelumnya. Yang paling baru terjadi di Mendoyo, Jembrana, Bali karena ingin konten beberapa anak-anak melakukan prank pocong terhadap supir truk yang berakhir dengan truk yang mengalami kecelakaan dan masuk ke dalam parit.

Hal-hal seperti itu bisa terus berulang karena sanksi yang diberikan tidak mampu memberikan efek jera untuk pelaku. Sebagian besar kasus yang sama hanya diberikan peringatan dan klarfikasi hingga permintaan maaf saja. Kasus prank Pocong yang terjadi di Bali misalnya yang hanya memberikan sanksi berupa pembinaan pada anak-anak tersebut. Sanksi yang sangat ringan inilah yang membuat banyak anak-anak tidak ragu untuk melakukan tindakan yang tidak beretika hanya demi konten media sosial dan viral. Hal seperti itu tidak akan terjadi apabila ada pihak yang berani ambil tindakan yang lebih tegas untuk memberikan efek jera agar tidak terulang kembali.

Berita Unik Dari Media Sosial

Sebenarnya media sosial adalah tempat yang bisa dipakai untuk berbagi banyak hal unik dan informatif untuk warganet. Seperti beberapa video viral dan informatif berikut ini.

  1. Berita viral dari media sosial yang pertama adalah sebuah video dari akun @chikakaku yang menunjukkan seorang gadis muda yang sedang menari dan tersenyum ke kamera. Dalam video tersebut menunjukkan gerakan goyang pinggul yang unik hingga menarik minat banyak pengguna sosial untuk melakukan tantangan goyang pinggul yang sama dengan gadis muda tersebut. Konten seperti ini akan menarik kreativitas orang-orang yang melihatnya apalagi tantangan goyang pinggul dari akun tersebut viral di dunia maya.
  2. Video lain yang beredar di twitter menunjukkan seorang bocah yang belakangan ini diketahui namanya sebagai Bagas yang sedang menggunakan cat silver di seluruh tubuhnya sedang memberikan makanan untuk kucing di pinggir jalan. Bocah silver tersebut memilih untuk menepi dan tidak melanjutkan kegiatan mengamen yang dilakukan untuk memberikan makanan pada kucing yang dia temukan. Video tersebut akan memberikan gambaran bahwa tidak perlu menjadi kaya untuk bisa berbagi dengan sesama makhluk hidup. Kisah inspiratif seperti yang dilakukan oleh Bagas si bocah silver ini mengundang kagum dari netizen dunia maya.
  3. Beberapa hari terakhir viral trend foto ala tahun 90-an. Nuansa jadul yang unik menarik minat banyak warganet untuk membagikan foto gaya 90-an kreasi mereka di dunia maya. Salah satunya dibagikan oleh akun @icha.pratiwi yang berhasil mendapatkan banyak like dan bahkan dibanjiri oleh komentar Netizen karena menganggap icha yang mirip dengan Nagita Slavina.

Bila dipakai dengan bijak ada banyak informasi yang bisa diberikan dan dapat meningkatkan kreativitas pengguna media sosial. Membuat konten tidak harus merugikan orang lain atau berbuat tindakan yang tidak sopan atau tidak memliki etika. Buktinya adalah kasus di atas dimana dengan kreativitas bisa menarik respon yang positif dari pengguna sosial.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.