February 28, 2021

Gempa Bumi 7.3 Skala Richter Di Jepang Telan Korban

3 min read
gempa jepang

Gempa bumi melanda jepang sehari sebelumnya di daerah fukushima sebagai pusat gempa terjadi.Kejadian gempa ini berlangsung di hari sabtu tanggal 13 bulan februari tahun 2021 tepatnya di sekitar jam 11 malam. Di laporkan ada sejumlah sekitaran 100 orang luka luka akibat gempa bumi tersebut dengan kekuatan 7.1 skala richter yang kemudian tercatat meningkat hingga kekuatan 7.3 skala richter atau magnitudo. Menurut banyak saksi kejadian guncangan gempa ini terasa sangat lah kencang dari biasanya.

Jepang memang adalah negara yang sering di landa oleh gempa bumi karena kondisi geografisnya, dan masyarakat jepang telah terbiasa dengan yang namanya gempa dan semua prosedur pengamannnya. Bahkan hampir semua bangunan di jepang di bangun dengna konstruksi untuk resisten terhadap gempa dalam skala tertentu.

Namun pada dasanya jika ada gempa yang terjadi dan bila kejadiannya berlangsung dengan skala yang cukup besar, kerusakan materi dan konstruksi serta menelan korban luka hingg korban jiwa tidaklah bisa di hindari. Jika mengulas balik di beberapa tahun belakangan tepatnya di tahun 2011 bulan maret dan tanggal 11, gempa yang sama juga melanda di daerah fukushima jepang yang hingga memporak porandakan bagian daerah timur laut jepang yang juga memicu terjadinya tsunami secara besar besaran yang membuat krisis nuklir terburuk di dunia dalam beberapa puluh tahun terakhir ini.

Meski demikian, gempa yang baru ini di nyatakan tidak membuat gangguan pada area nuklir seperti yang di laporkan dari NHK kepada Reuters. Sebagai negara dengna potensi gempa yang tinggi di dunia, geografis jepang merupakan salah satu daerah yang memang rawan terhadap ancaman gempa bumi yang bisa di susul oleh tsunmi kapan saja. Dari sebuah kajian penelitian dan pencatatan yang di lakukan jepang sendiri menyumbang gempar bumi dengan kekuatan 6 skala richter terbesar di dunia dengan persentase 20 persennya dari keseluruhan gempa yang berlangsung di dunia. Gempa pada sabtu malam ini juga tidak memberikan ancaman serta potensi tsunami tetapi korban luka luka di laporkan cukup banyak dan mencapai hingga sekitar 100 orang dan masih di kaji datanya sampai saat itu menurut petugas.

Rasa terguncang ini menurut beberapa orang malahan lebih kuat di bandingkan gempa bumi besar di tahun 2011, itulah sebabnya banyak warga yang panik dan takut bila akan datang terjadinya tsunami seperti dahulu namun untungnya kekhawatiran itu tidak terjadi. Salah seorang penulis terkenal bernama Yu Miri, malah membuat cuitan di twitter dengan foto rumahnya yang mempelihatkan tanaman pot dan barang lainnya seperti buku jatuh berseerakan di lantai. Yu miri juga mengatakan kalau gempa masih terus berlangsung dengan guncangan susulan setelah beberapa jam dari guncangan pertama yang di rasakan.

Pihak pemerintahan jepang dan yang berwenang memperingatkan warga untuk tetap menjaga kewaspadaan mereka dalam menanggapi gempa tersebut dan bahkan membentuk kantor penghubung khusus untuk dapat melakukan koordinasi dengan daerah daerah yang telah terkena gempa melalui penyiaran NHK

Tanah longsor yang terjadi dan di duga bisa berdampak pada warga juga tengah di kaji oleh pemerinthan dan mereka mencari setiap informasi akan korban dan kerusakan yang terjadi sehingga belum bisa memastikan dan konfirmasi akan jumlah korban. Stasiun NHK juga mengeluarkan rekaman udara yang memperlihatkan tanah longsor yang memutus jalanan di jlan raya daerah fukushima.

Jepang sendiri bisa di bilang tengah terletak pada kawasan cincin api wilayah pasifik. Aktivitas seismik yang tinggi dan intens terbentang melewati asia tenggara dan melintasi hingga ke cekungan pasifik. Negara yang ada di dalamnya akan rawan terlanda oleh gempa dan pemerintahan jepang memang sejak dahulu telh menentapkan peraturn konstruksi yang ketat agara memberikan kepastian bagunanan untuk bisa menahan getaran yang lebih kuat dari bangunan biasa pada umumnya.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.